Skip to main content

8. Administrasi Pada Linux

Pada sebuah grup atau perusahan yang memegang hak akses paling tinggi adalah administrasi (SuperUser) pada dasarnya ada tingkatan padah hak akses  :
  • Sys admin
  • Administartor
  • Administrator biasa
  • general
Nah untuk masuk ker super user  ada kempat cara yaitu :
  • Pertama, dengan ketik command di terminal su
  • Kedua su - 
  • Ketiga switch user , other , username , root , password super user
  • Kempat buat user baru XD , su adduser pljb buat password pljb retype pljb , new password sayang , retype sayang .
Cara login secara bersamaan ctrl+alt+f2 

login pljb(contohnya)

who  itu digunakan untuk melihat siapa saja yang aktif
Kirim pesan menggunakan write tujuan misalnya write centos019 
ketik pesan : admin ganteng kwokwokwok 

kalua udh ctrl + d atau c

seberapa banyak user yg bias ditampung  sampe f7

kirim pesan ke semual yang aktif

wall 

cara pesan ke yang off

vi /etc/motd

arti motd = message of the day 

Comments

Popular posts from this blog

5. UMASK DAN CHOMD

Umask : singkatan dari user mask atau user file creation mask adalah dasar dari hak akses default file dan folder yang baru saja dibuat. Definisi dari diatas tersebut diartikan kemampuan sistem operasi linux dapat menambahkan di pengaturan hak akses default untuk file dan folder baru. Sintaknys : octal_value contohnya:umask 027 Chmod : Perintah yang digunakan untuk mengatur perizinan file dan folder (direktori). CHMOD singkatan dari Change Mode. Sintaksnya : Chmod [option]...MODE[,MODE]...FILE... jika ingin mengatur permission contoh file1.txt  dalam menggunakan chmod maka sintaksnya : chmod 746 file1.txt Perbedaanya: Chmod :- Mengubah kepemilikan file user owner dari suatu file dan folder dapat diganti oleh root.               - Mengubah Hak akses file dan folder. Umask :- Mengatur Haks Akses Default , dapat mengatur hak akses default yang setiap file dan folder baru miliki bisa diganti oleh sesuai yang kita butuhkan.

10.Latihan Manajemen user dan Laporan Backup,restore dan crontab

1.Buat user secara manual: dimulai masuk ke su - abis itu ketik vi /etc/passwd setalah itu ketik vi /etc/group setelah itu ketik vi/etc/shadow setelah itu mkdir /home/namauseryangandabuat setelah itu cp .bash* /home/namauser/ setelah itu chown namauser /home/namauser/.* setelah itu beri password dengan cara : passwd namauser abis itu reboot  Pengertian backup dan restore backup merupakan suatu duplikasi atau diwindows itu semacam winrar dan restore yang mengestrak rar tersebut. Cara backup dan restore menggunakan TAR dan CPIO TAR  backup pertama masuk ke su - kedua buat folder dengan cara mkdir dan berisikian file kosong touch  ketiga tar cvf cadangdata cadang/ untuk melihat hasil backup bisa menggunakan sintaks tar cadangdata untuk restore sebelum itu kita hapus dulu folder dan isinya dengan ketik perintah rm -rf cadang setelah kita hapus kita bisa baliki kesemula dengan ketik sintaks tar xvf cadangdata C